Download

May 10, 2011

12 Langkah Awal Menurunkan Berat Badan Anda

 Banyak yang bertanya harus olahraga seperti apa? Diet harus seperti apa? Koq saya sudah melakukan diet bukannya berat turun tapi saya malah kena maag, dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan serupa lainnya. Beranjak dari masalah yang sama, saya mencoba memberikan langkah-langkah awal yang harus diperhatikan dalam menurunkan berat badankita.

1. Catat status awal tubuh Anda, ukur lingkar pinggang, paha, lengan dan dada Anda. Timbang berat Anda, dan sebisa mungkin cari tahu berapa persen kadar lemak d tubuh Anda. Hal ini sangat penting untuk mengukur kemajuan usaha kita dan mengevaluasi apabila ada kekurangan.
2. Tentukan goal yang realistik seperti turun 2-3kg pada bulan pertama. Jangan berharap turun 10-15kg dalam bulan pertama. Semakin realistik goal Anda, dan ketika Anda berhasil mencapainya, motivasi Anda akan lebih kuat untuk melakukan langkah-langkah berikutnya.
3. Mulailah berolahraga. Apapun olahraganya lebih baik daripada tidur di rumah. Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, Anda harus benar-benar bisa menginvestasikan waktu Anda untuk mencapai goal. Jangan bilang tidak punya waktu tetapi ingin berat tubuh turun. Seperti orang bilang saya ingin membeli mobil tetapi saya tidak punya waktu untuk bekerja. Anda harus bekerja keras untuk mencapai impian Anda bukan? Bagaimana cara mengatur waktu, itu saya serahkan kembali ke masing-masing individu karena setiap orang memiliki jadwal dan prioritas yang berbeda-beda. Olahraga apa yang membakar lemak? Semua ada di www.dennysantoso untuk detailnnya. Saran saya, berlatihlah dengan angkat beban dan akhiri dengan cardio di atas treadmill. It’s the best. Satu lagi, usahakan Anda benar-benar serius dalam berolahraga, jangan hanya bergabung ke gym untuk duduk-duduk sambil ngobrol dan sesekali mengangkat beban. Bayangkan kalau Anda sedang shooting untuk membuat video olahraga yang akan dijual ke masyarakat luas. Bayangkan kalau Anda membeli video itu untuk dipelajari dan diikuti. Kalau model di dalam video itu malas-malasan dan cuma ngobrol saja. Apakah Anda akan puas meniru video itu?
4. Kita lihat ulang makanan Anda. Bagian ini adalah yang terpenting. Berapa kali Anda makan dalam sehari? Banyak yang diet dengan ‘mengurangi makanan’ padahal seharusnya mereka ‘mengurangi kalori’. Kurangi kalori Anda, sebagai contoh, dari 2500 kalori sehari, sekarang Anda makan hanya 2000 kalori. Itu lebih baik daripada Anda turun dari 2500 kalori menjadi 1000 kalori. Kekurangan kalori akan membuat tubuh Anda masuk ke mode bertahan hidup (kurang gizi), sehingga dia tidak akan mau membakar lemak. Sama seperti ketika Anda boros uang ketika penghasilan Anda tinggi, tetapi ketika Anda dipecat dari perusahaan, apakah Anda akan seboros ketika berpenghasilan tinggi? Tentunya Anda akan berhemat kan? Sama seperti tubuh, ketika kurang makan, maka dia akan menghemat pembakaran energi di tubuh Anda. Hasil akhirnya, mengurangi makanan terlalu drastis tidak akan bisa menurunkan berat badan Anda. Berapa kalori yang harus Anda konsumsi? Untuk garis besarnya, Anda bisa menghitungnya disini  (tools no.5 BMR Calculator). Tubuh menurunkan metabolismenya bisa kita amati secara jelas ketika kita mencoba mengurangi makan, dari 3x menjadi 2x sehari. Pada awalnya kita akan merasa lapar, tetapi setelah berjalan 1-2 minggu, kita akan terbiasa, dan tidak akan lapar lagi walaupun kita makan cuma 2x sehari. Rasa lapar menghilang adalah tanda bahwa tubuh membakar kalori lebih sedikit lagi. Semakin lama kita lakukan hal itu, tubuh kita akan semakin beradaptasi dan berat tidak akan turun.
5. Makanlah 5-6x sehari. Biasa orang normal makan 3x sehari, tetapi pada kenyataannya, tubuh kita di design untuk makan lebih dari itu. Ketika kita sarapan jam 7 pagi dan makan jam 1 siang. Kita akan merasa lapar jam 10. Begitu juga jam 1 siang kita makan, dan makan malam jam 7 malam. Sekitar jam 4 sore kita juga sudah merasa lapar. Lapar-lapar itu biasanya kita isi dengan junk food. Junk food adalah makanan dengan kalori tinggi tetapi tidak mengenyangkan, inilah yang menjadikan kita gendut. Nutrisinya sangat minim tetapi nilai kalorinya sangat tinggi. Isilah waktu snack ini dengan snack yang bergizi tinggi, misalnya apel + susu skim. Atau kacang almond dengan apel. Sehari makan 3x dengan snack 3x sehingga total adalah makan 6x, itu lah cara yang pasti untuk membuat metabolisme kita tetap stabil dan akan membakar lemak lebih cepat. Ketika tadi Anda menurunkan kalori dari 2500 ke 2000 saja, bagilah 2000 kalori menjadi 6x makan. Sekali lagi, Anda mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan, bukan mengurangi frekuensi makan.
6. Pilihah makanan yang seimbang, jangan menganaktirikan atau mengharamkan salah satu jenis nutrisi. Lemak harus dikonsumsi tetapi pilihlah lemak baik seperti kacang-kacangan, ikan, advocado, olive oil atau canola oil. Gunakan suplemen seperti omega 3 untuk membantu melengkapi lemak baik Anda. Lemak sangat diperlukan untuk melarutkan berbagai vitamin, lemak juga diperlukan untuk kestabilan hormon tubuh.
7. Makanlah protein dalam jumlah yang cukup. Sumber-sumber protein adalah ayam, ikan, daging, tahu, tempe, telur (putihnya), kacang-kacangan. Apabila Anda benar-benar ingin menguruskan tubuh, jumlah protein ini harus cukup tinggi.
8. Ternyata masih banyak sekali orang yang tidak tahu apa itu karbohidrat. Karbohidrat adalah sumber tenaga utama kita yang bisa memberikan energy spontan di tubuh kita. Untuk menurunkan berat badan, tentunya kita harus tahu, bahwa selama tubuh kita masih menggunakan karbohidrat sebagai sumber tenaganya, maka tenaga dari lemak adalah cadangan saja. Cadangan tidak akan dipakai selama energy utamanya masih ada. Jadi pengurangan karbohidrat pada umumnya sangat berhasil membantu menurunkan berat badan. Jangan mengganti nasi dengan mie, itu adalah mubasir, karena keduanya sama saja. Yang perlu diketahui adalah karbohidrat paling penting adalah ketika kita setelah selesai berolahraga. Anda harus mengkonsumsi karbohidrat di waktu setelah selesai olahraga. LANGSUNG. Setelah itu, pagi hari juga boleh tetapi gunakan jenis-jenis karbohidrat yang baik.
9. Kenalilah jenis-jenis karbohidrat yang baik. Karbohidrat yang baik adalah yang lambat diserap oleh tubuh. Biasa dikenali dengan index glikemiknya. Anda bisa membuka situs ini untuk daftar glikemik index dari karbohidrat. Untuk diet, konsumsilah karbohidrat dengan glikemik index 55 ke bawah. Di atas itu boleh Anda konsumsi hanya setelah latihan, tetapi index glikemik yang sangat tinggi, sebaiknya tidak Anda konsumsi sewaktu Anda berdiet. Gula termasuk berglikemik index tinggi, jangan menggunakan gula untuk memasak. Gantilah dengan gula tropicana atau stevia.
10. Konsumsilah serat. Anda lebih baik mengkonsumsi apel buah daripada apel yang diblender menjadi jus apel. Proses blender membuat serat apel hancur. Makanlah juga sayur-sayuran. Serat sayur berfungsi untuk memperlancar saluran pencernaan Anda, juga membantu supaya penyerapan dari kalori Anda semakin lambat.
11. Minumlah air yang cukup. 2.5 liter per hari adalah wajib.
12. Ketika membeli makanan atau biskuit, selalu perhatikan nilai kalorinya dan lain-lain. Anda tidak ingin menghancurkan diet Anda kan? Perhatikan juga label makanan yang Anda beli. Jangan mengkonsumsi High Fructose Corn Syrup karena ini memiliki index glikemik yang sangat tinggi. Juga perhatikan jangan ada hydrogenated vegetable oil. Hydrogenated adalah proses untuk membuat oil menjadi padat. Dan hal ini akan merusak metabolisme Anda. Contohnya adalah margarine dan butter. Hindari sebisa mungkin. Beberapa produk sudah menuliskan NO TRANS FAT. Mereka sudah semakin tahu bahwa trans fat sangat jelek untuk tubuh.
Setelah memberikan detail yang cukup panjang ini, coba analisalah lagi kegiatan Anda, makanan Anda, apakah Anda sudah melakukan hal-hal seperti di atas?
Begitu banyak orang yang mencari tahu bagaimana caranya menurunkan berat badan, tetapi apabila diberikan langkah-langkah seperti diatas, mereka cuman menganggap sepele, seperti misalnya minum air 2.5 liter perhari. Banyak yang berpikir apa hubungannya air dengan berat turun? Atau ada yang berpikir saya sudah minum banyak, tetapi kenyataannya mereka masih kurang banyak. Saran saya, pertahatikan benar-benar untuk langkah-langkah diatas. Itu adalah ringkasan yang paling sederhana yang bisa saya berikan untuk membantu Anda menurunkan berat badan tubuh. Apabila berat Anda belum turun juga selama ini, coba cek 12 langkah ini, pastikan tidak ada yang terlewati. Semoga membantu.

Source:dennysantoso.com

0 comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More