Download

June 1, 2011

10 Pola Makan Yang Menjebak dan Cara Mengatasinya (Bag-3)

10 pola makan yang menjebak (bag3)
Dua artikel sebelumnya telah membahas mengenai 6 jebakan dalam pola makan Anda sehari-hari yang mungkin sering Anda lakukan dan tanpa Anda sadari akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan Anda.
Simak daftar pola makan berikut ini dan lihatlah apakah Anda melakukan salah satunya dalam keseharian Anda.

7. Belanja Saat Perjalanan Pulang
Perencanaan menu makan dan daftar belanja sangat penting untuk memastikan Anda mendapatkan asupan makanan sehat selama seminggu. Banyak orang yang tergiur dengan makanan cepat saji dan makanan instan lainnya tanpa memikirkan kandungan kalori, lemak, dan lainnya.

Solusi
Selalu sediakan waktu untuk memasak makanan sendiri di rumah. Sebisa mungkin jauhkan diri Anda dari restoran makanan cepat saji, pusat jajanan, dan toko lain yang menjual makanan yang menggoda diet Anda sepulang kerja.
8. Meminum Alkohol Sebagai Penenang
Beberapa orang memilih mengkonsumsi alkohol sepulang kerja sebagai cara untuk relaksasi, santai, dan istirahat. Waspadalah, karena perasaan santai yang didapatkan dari konsumsi alkohol yang berlebihan dapat mengganggu pola tidur, memperlambat aktivitas otak, menyebabkan kecemasan, depresi, dan agresi.

Solusi
Jika Anda terbiasa mengkonsumsi alkohol, maka batasi konsumsi alkohol Anda setiap harinya.
9. Bekerja di rumah
Jika Anda terlalu sibuk mengurus segala urusan rumah tangga, mengasuh anak, dan hampir kehilangan waktu untuk diri sendiri maka hal ini dapat mengganggu pola makan sehat Anda. Godaan bekerja di rumah adalah Anda bisa kapan saja untuk makan apapun yang tersedia.

Solusi
  • Bekerjalah di sebuah ruangan yang jauh dari dapur.
  • Anggaplah Anda sedang bekerja di kantor, makan snack dan makan siang pada waktu yang ditentukan.
  • Jauhkan diri Anda dari makanan yang menggoda.
  • Minum air secara teratur.
  • Lakukan latihan ringan sambil bekerja.
10. Makan di Perjalanan
Terkadang rencana harian Anda bisa berantakan karena berbagai hambatan. Misalkan Anda ada meeting dengan klien tetapi Anda juga harus menjemput anak pulang sekolah tetapi perut Anda lapar. Kondisi waktu yang sempit ini membuat Anda tidak memiliki waktu untuk berhenti sejenak, dan makan. Kemudian pilihan Anda beralih pada restoran cepat saji.

Solusi
Selalu siapkan stok makanan di mobil Anda untuk keadaan darurat seperti:
  • Energy bar.
  • Sekotak krim rendah lemak dan jus buah.
  • Sekotak susu rendah lemak.
Nah, dari 10 pola makan di atas, adakah salah satu yang Anda lakukan setiap hari? Atau bahkan mungkin lebih dari satu dari kebiasaan di atas yang Anda lakukan? Sekarang saatnya Anda lakukan perubahan pada gaya hidup Anda agar menjadi lebih sehat sehingga diet Anda pun lebih optimal.

source:dennysantoso.com

0 comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More