Download

February 8, 2008

Kadar Lemak Daging Kambing Lebih Rendah Dibanding Ayam

Kabar gembira! Kabar gembira! Ini adalah kabar gembira bagi Anda penyuka hidangan aneka daging kambing. Sebab, lemak jenuh (saturated fat) kambing ternyata malah lebih rendah daripada ayam. Padahal lemak jenuh sangat signifikan dapat menaikkan kadar kolesterol darah. Jadi, ayo ramai-ramai makan sate kambing!

Soal rendahnya lemak jenuh kambing terungkap dalam situs www.annecollins.com. Anne Collins adalah seorang pakar diet yang mengaku telah 23 tahun menolong orang menurunkan berat badannya. Program yang ditawarkannya bertajuk Anne Collins Weight Loss Program 2005, One of the EASIEST Weight Loss Programs on the Internet.

Nah, dalam salah satu halaman situsnya (http://www.annecollins.com/calories/calories-goat.htm), Anne menulis data bahwa kalori 3 ons daging kambing panggang ada pada angka 122, sementara lemak hanya 2,58 gram. Sedangkan 3 ons daging ayam panggang kalorinya ada 120 dan lemak mencapai 3,5 gram, alias lebih tinggi.

Anne menulis, kandungan lemak daging kambing 50-65% lebih rendah dibandingkan daging sapi panggang namun memiliki kandungan protein yang sama.

Berdasarkan Departemen Pertanian AS, kandungan lemak jenuh daging kambing 45% lebih rendah dibandingkan daging ayam, meskipun daging ayam itu telah dikuliti.

Informasi serupa ditulis dalam situs http://www.jackmauldin.com, situs yang dimiliki perusahaan peternakan kambing di Amerika. Dalam satu halamannya di http://www.jackmauldin.com/cooking_with_goat.htm, juga tertulis statemen serupa dengan yang dirilis Anne mengutip Departeman Pertanian AS.

Bahkan situs ini lebih lengkap, dengan membandingkan kalori dan lemak daging kambing dan aneka daging lainnya. Dengan bobot sama-sama 3 ons dan dimasak dengan cara dipanggang, diperoleh data sebagai berikut:

1) Daging kambing: kalori (122); lemak (2,58 gram), lemak jenuh (0,79 gram), protein (23 mg), dan zat besi (3,3 gram).

2) Daging sapi: kalori (245); lemak (16 gram), lemak jenuh (6,8 gram), protein (23 gram) dan zat besi (2,9 gram)

3) Daging babi: kalori (310); lemak (24 gram), lemak jenuh (8,7 gram), protein (21 gram) dan zat besi (2,7 gram).

4) Daging domba: kalori (235); lemak (16 gram); lemak jenuh (7,3 gram), protein (22 gram) dan zat besi (1,4 gram)

5) Daging ayam: kalori (120); lemak (3,5 gram); lemak jenuh (1,1 gram), protein (21 gram) dan zat besi (1,5 gram).

Data itu bersumber dari USDA Hanbook #8, 1989, Nutritive value of foods, Home and Garden Bulletin #72, USDA, Washington DC, U.S. Government Printing Office, 1981.

Pemberitaan Ascribe (The Public Interest Newswire) 29 Agustus 2005 memperkuat data di atas. Dalam artikel bertajuk California Small Farms Ideal for Goat Meat Production dijelaskan, daging kambing memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang lebih rendah dibanding sapi, babi termasuk ayam yang telah dikuliti.

Sudah bukan rahasia lagi, selama ini kita mengindentikkan daging kambing dengan kadar kolesterol tinggi dan darah tinggi. Tapi kini, Anda tak perlu ragu menyantap kambing guling atau menu berbahan dasar kambing lagi.

Tapi jangan sampai Anda keliru lho dengan daging domba yang jelas kadar lemak jenuhnya lebih tinggi dibanding si gesit kambing!

idionline/dtkhealth)

0 comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More