Download

February 8, 2008

8 Komponen Pendorong Kekebalan Tubuh

Penyakit yang menyerang seseorang, disebabkan karena menurunnya kekebalan tubuh. Untuk mengatasinya konsumsilah makanan yang mengandung komponen pendorong kekebalan.

Kesehatan seseorang tergantung pada pola hidup yang dijalaninya, termasuk pola makan. Tak jarang seseorang dengan pola makan yang jelek menjadi sakit-sakitan. Sesungguhnya dalam makanan yang kita konsumsi terdapat 8 komponen yang mendorong kekebalan tubuh, sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Delapan komponen ini adalah:

1. Vitamin C
Terdapat pada buah seperti jeruk, kiwi, dan brokoli. Berguna mencegah pilek, menyehatkan gusi dan menjaga jantung tetap kuat.

2. Vitamin E
Terdapat pada bayam, kacang-kacangan, mentega kacang dan salad. Kaya akan antioksidan, menyehatkan kulit, menyembuhkan luka bakar dan mengurangi kelelahan.

3. Karoten
Terdapat pada brokoli, bayam, tomat, ubi jalar, cabe merah, aprikot, wortel dan anggur. Karoten terdiri dari 3 komponen yakni lutein, lycopene dan beta karoten. Baik untuk penglihatan, berfungsi sebagai tabir surya natural dan mencegah kanker.

4. Bioflavonoids
Terdapat pada sereal yang mengandung zat besi, daging merah, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Berfungsi memelihara sistem kekebalan tubuh dalam bentuk yang paling tinggi dengan membungkus dirinya disekeliling sel sehingga kuman tidak dapat masuk ke dalamnya.

5. Zat besi
Terdapat pada biji-bijian, gandum, daging tanpa lemak dan daging merah. Berguna memperbaiki jaringan otot dan mencegah pertumbuhan terlambat.

6. Bawang putih
Mencegah infeksi, memperbanyak sel-sel darh putih dan antibodi tubuh Anda akan bekerja lebih efisien.

7. Selenium
Terdapat pada ikan tuna, kakap merah, udang, ayam dan kuning telur. Berguna menambah sel pembunuh alami tubuh yang melawan kuman.

8. Asam lemak Omega 3
Terdapat dalam minyak nabati dan lemak ikan seperti ikan salmon dan tuna. Bereaksi sebagai pendorong kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi.

(idionline,keluargasehat.com)

0 comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More