Download

May 22, 2009

Cedera Lutut


Cedera meniscus merupakan cedera di stuktur cincin dan berfungsi sebahgai penahan benturan yang pada umumnya disebabkan olahraga. Umumnya terjadi saat gerakan refleks misalnya saat melakukan olahraga basket, sepakbola, futsal, teknis, dan badminton.


Cedera lainnya yang harus diperhatikan adalah Cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL), merupakan urat dalam sendi yang mencegah kestabilan sendi lutut. Cedera ini seringkali terjadi pada olahraga keras yang seringkali melompat dan berlari (olahraga yang ketika lari kencang tiba-tiba berhenti atau saat melompat tiba-tiba harus berputar) seperti sepakbola, futsal, tenis, badminton, bela diri, dan basket.

Saat mendengar suara seperti ada yang patah dalam sendi dan sangat jelas terdengar, seketika itu juga orang tersebut akan limbung dan terjatuh. Namun setelah beberapa saat kemudian dpat berjalan kembali walaupun dalam keadaan pincang. Nyeri yang dirasakan membuat sendi lutut sulit digerakkan dan menimbulkan bengkak.

Selain olahragawan, orang yang gemuk juga mudah terkena osteoastritis karena lutut harus dapat menopang berat tubuh yang berlebihan.

Cedera lutut dapat ditangani sesuai dengan kondisi gangguannya, misalnya dengan menggunakan obat, fisioterapi, dan olahraga. Pada kondisi yang sudah berat, tidak ada jalan lain selain operasi. Sebaliknya jika tidka segera diatasi, maka rasa nyeri yang timbul tidak akan hilang, orang tersebut tidak dapat beraktivitas, dan memicu terjadinya perkapuran dini. 

0 comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More