Download

May 22, 2009

Gangguan Tidur


Selain mengalami teror di malam hari, ada juga gangguan tidur lainnya, seperti:


Sonabulisme

Menggertakkan gigi sehingga menimbulkan suara.
Sonabulisme merupakan suatu gangguan tidur pada anak. Anak tidur sambil berjalan. Sonabulisme dikategorikan sebagai ganguan tidur yang normal karena tidak mengganggu perkembangan mental anak. Walaupun begitu, anak yang mengalami gangguan tidur ini harus diawasi karena dapat mengarah pada bahaya. Misalnya saja, jika anak keluar rumah dan melakukan tindakan berbahaya yang tidak disadarinya.

Penanganan yang terbaik adalah segera membangunkannya. Hingga kini penelitian tentang sonabulisme belum ada, sehingga tidak terlalu banyak yang dapat diketahui.


Menggeretak gigi

Gangguan tidur lainnya adalah menggeretak gigi seperti sedang makan. Menurut dokter spesialis kesehatan jiwa hingga kini pun gangguan tidur ini masih berada dalam penelitian.

Gangguan tidur ini dapat berlarut-larut hingga menjadi suatu kebiasaan jika Anda yang berada di sekitarnya tidak membangunkan anak saat ia mulai mengunyah saat tidur..

Gangguan tidur ini tidak berbahaya dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun yang perlu diantisipasi adalah apakah giginya mengalami kerusakan atau tidak. Saat mengunjungi dokter gigi untuk berkonsultasi, sebaiknya bicarakan pula hal tersebut untuk mengetahui akibat dan cara penanganannya.

0 comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More