Download

November 20, 2012

Sebaiknya Jangan Menghentak Hidung saat Pilek


Cuaca yang kurang bersahabat seperti hujan bisa menjadi penyebab menurunnya daya tahan tubuh. Selain menurunkan daya tahan tubuh, cuaca seperti ini juga membuat virus mudah berkembang dan masuk ke dalam tubuh. Hasilnya, Anda akan mudah terserang flu atau pilek.
Meski pun virus influenza bukan penyakit berbahaya namun penyakit ini dapat menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan risiko dari serangan penyakit berbahaya. Mengeluarkan ingus dengan cara melesit (menghentakkan) rongga hidung saat pilek adalah cara yang dilakukan oleh kebanyakan orang untuk mengurangi gejala penyakit ini. Namun ternyata cara tersebut dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan kuman.
Melesit hidung dihubungkan dengan penyumbatan sinus oleh lendir yang telah dipenuhi kuman. Penelitian membuktikan bahwa saat seseorang mengeluarkan ingus dengan melesit hidung, maka cara ini akan membalikkan aliran lendir menuju sinus.
Adalah tim studi dari University of Virginia yang mengamati hasi CT scan terhadap penderita influenza yang mengeluarkan ingus dengan cara melesit hidungnya. Peneliti menemukan bahwa ketika orang sedang bersin atau batuk, tekanan pada rongga hidung cukup rendah. Akan tetapi, penderita influenza yang melesit hidungnya dapat meningkatkan tekanan pada rongga hidung dan mendorong lendir mundur ke sinus, seperti dilansir naturalnews.
Menurut tim peneliti, perjalanan lendir kembali ke dalam sinus dapat meningkatkan risiko infeksi. Oleh karena itu, tim peneliti menyarankan jika ingin mengurangi lendir di hidung sebaiknya lakukan dengan cara menyeka ingus yang keluar dari hidung. Cara ini lebih aman karena tidak menyebabkan lendir kembali masuk ke dalam sinus dan memungkinkan kuman keluar dari rongga hidung secara alami. Dan bisa jadi cara ini lebih efektif untuk memulihkan tubuh Anda dari serangan flu.
Membilas rongga hidung dengan larutan air garam menggunakan neti pot bisa menjadi cara alami untuk mengeluarkan lendir berkuman dari sinus. Anda juga bisa menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir teh hangat. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi vitamin agar tubuh Anda memiliki sistem pertahanan yang lebih kuat dalam menghadapi cuaca yang tak menentu. 

source disini

0 comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More