Download

May 28, 2009

Jadilah anggota yang aktif dalam tim kesehatan Anda

Saat Anda menggunakan obat sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa obat yang Anda konsumsi sepenuhnya aman. Badan Pengawasan Obat Amerika Serikat menilai suatu obat aman untuk digunakan jika manfaat yang diperoleh melebihi dari risiko yang diketahui. Tim kesehatan Anda terdiri dari dokter, asisten dokter, suster, apoteker dan Anda sendiri. Untuk mengurangi risiko yang timbul dari penggunaan obat dan untuk mendapat manfaat yang semaksimal mungkin maka Anda harus menjadi bagian aktif dari tim kesehatan Anda. Dalam menggunakan obat gunakan prinsip SAFER :

  • Speak up
  • Ask question
  • Find the facts
  • Evaluate your choice
  • Read the label and follow directions

Speak Up – Informasi

Semaikn banyak informasi yang didapat tim kesehatan dari Anda maka semakin baik tim kesehatan dapat merencanakan tatalaksana yang tepat untuk Anda. Anggota tim kesehatan lainnya akan memerlukan riwayat kesehatan Anda, seperti penyakit-penyakit, kondisi medis yang menyertai (seperti tekanan darah tinggi, diabetes) dan riwayat operasi yang pernah Anda lakukan.

Mereka juga perlu mengetahui semua obat dan pengobatan yang Anda terima atau lakukan, baik sepanjang waktu atau hanya beberapa waktu saja. Sebelum Anda menambah sesuatu yang baru selalu bicarakan dengan tim kesehatan Anda. Tim kesehatan Anda dapat membantu Anda untuk menentukan boleh atau tidaknya. Anda sangat membantu tim kesehatan Anda dengan memberikan daftar tertulis semua obat dan pengobatan yang Anda dapatkan kepada dokter, apoteker dan anggota tim kesehatan lainnya. Anda simpan untuk diri Anda dan satu lagi disimpan oleh keluarga/istri/suami/anak Anda. Pastikan termasuk :

  • Obat yang diresepkan, termasuk contoh obat yang diberikan dokter kepada Anda
  • Obat bebas (OTC-over the counter), obat yang dapat Anda beli tanpa resep dokter (seperti antasid, pencahar, obat nyeri, demam, atau batuk pilek)
  • Suplemen makanan, termasuk vitamin dan herbal
  • Pengobatan lainnya
  • Alergi, dan setiap masalah yang Anda alami dengan obat-obatan
  • Semua keadaan yang dapat mempengaruhi penggunaan obat Anda seperti kehamilan, menyusui, kesulitan menelan, kesulitan mengingat dan biaya

Ask question – Tanyakan

Tim kesehatan Anda akan membantu Anda menentukan pilihan yang terbaik, tetapi Anda harus menanyakan pertanyaan yang tepat. Saat Anda bertemu tim kesehatan Anda tuliskan semua pertanyaan Anda dan catat jawabannya. Anda dapat mengajak keluarga atau teman Anda untuk membantu Anda mengerti dan mengingat.

Find the Fact- fakta obat

Sebelum Anda dan tim Anda menentukan resep atau obat bebas, pelajari dan pahami sebanyak mungkin yang Anda bisa, termasuk :

  • Merk dan nama generik
  • Bahan aktif- untuk memastikan kalau Anda tidak menggunakan lebih dari satu obat dengan bahan aktif yang sama
  • Bahan tidak aktif- jika Anda punya masalah dengan kandungan lainnya di dalam obat seperti pewarna, perasa, gula, tepung
  • Penggunaan (indikasi dan kontraindikasi)- alasan Anda menggunakannya dan kapan obat tidak boleh digunakan
  • Peringatan- peringatan untuk memastikan obat digunakan dengan benar
  • Interaksi- bahan/zat yang sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan obat. Cari informasi jika obat resep, obat bebas, makanan, suplemen makanan atau zat lainnya (rokok, alkohol) dapat menyebabkan masalah dengan obat yang kita minum
  • Efek samping – efek yang tidak diinginkan yang dapat ditimbulkan obat, dan apa yang Anda lakukan jika Anda merasakannya
  • Kemungkinan toleransi, ketergantungan- masalah yang dapat ditimbulkan beberapa obat dan bagaimana Anda menghindarinya
  • Overdosis- apa yang harus dilakukan jika Anda memakai terlalu banyak
  • Petunjuk/cara pakai- dosis; apa yang harus dilakukan jika lupa satu dosis; petunjuk khusus menggunakan obat,seperti kapan meminum dengan makanan atau tanpa makanan
  • Cara penyimpanan- bagaimana dan dimana untuk menyimpan obat
  • Kadaluarsa- tanggal saat obat sudah tidak dapat digunakan lagi atau berbahaya jika digunakan

Evaluate your choices- Manfaat dan risiko

Setelah Anda mendapat informasi, pertimbangkanlah dengan seksama mengenai pilihan Anda. Pikirkan mengenai efek yang menolong dan juga efek yang tidak diinginkan yang mungkin muncul. Putuskan yang terpenting bagi Anda. Ini cara Anda menilai manfaat dan risiko. Saran ahli dari tim kesehatan Anda dan informasi yang Anda berikan kepada tim kesehatan Anda dapat membantu Anda dan tim kesehatan memutuskan yang tepat untuk Anda

Read the label and follow direction – Baca dan Ikuti

Baca kemasan obat untuk mengetahui bahan aktif yang terkandung di dalam obat. Bahan aktif di dalam obat resep atau obat bebas dapat juga terdapat dalam obat-obatan lainnya yang Anda minum. Bahan aktif yang sama bila digunakan dapat meningkatkan kemungkinan Anda mendapat efek yang tidak diinginkan. Baca label/kemasan setiap kali Anda membeli obat bebas atau resep obat Anda. Baca Fakta Obat secara teliti untuk memastikan obat yang tepat untuk Anda. Obat resep dan bebas tidak selalu bekerja bersama dengan baik. Suplemen makanan (seperti vitamin dan mineral) dan beberapa makanan dan minuman dapat menyebabkan masalah dengan obat Anda. Tanyakan kepada apoteker Anda.

Sebelum Anda meninggalkan apotek pastikan Anda mendapat obat yang benar, mengetahui dosis yang benar dan cara menggunakannya. Jika Anda membawa obat yang sama sebelumnya, pastikan obatnya memiliki bentuk, warna, ukuran dan kemasan yang sama. Bila berbeda maka tanyakan kepada apoteker. Jika obat yang Anda minum ternyata rasanya berbeda saat Anda minum maka beritahukan kepada tim kesehatan Anda. Baca dan simpan semua informasi yang Anda dapat mengenai obat-obatan Anda

Baca label/kemasan obat setiap kali Anda akan menggunakan obat. Pastikan :

  • Obat yang tepat
  • Untuk pasien yang benar
  • Jumlah yang benar
  • Waktu yang benar
  • Cara yang benar (contoh dengan menelan bukan dikunyah)

Ikuti petunjuk dari label dan tim kesehatan Anda. Saat Anda menggunakan obat, maka pastikan manfaat yang Anda dapat jauh lebih besar dari risiko dengan menggunakan obat sesuai petunjuk

Jika Anda ingin berhenti menggunakan obat dari dokter Anda atau menggunakannya dengan cara yang berbeda dari yang disarankan maka selalu bicarakan dahulu dengan tim kesehatan Anda. Beberapa obat memerlukan waktu untuk memberikan efek yang diinginkan. Obat seperti antibiotik (sesuai indikasi) penting untuk dihabiskan walaupun Anda sudah merasa lebih baik.

Laporkan kembali kepada tim kesehatan

Jika Anda merasakan efek yang tidak diinginkan segera laporkan kepada tim kesehatan Anda. Perubahan dosis atau obat mungkin diperlukan.

Panduan Pertanyaan

Anda dapat menggunakan panduan pertanyaan ini saat berdiskusi dengan tim kesehatan Anda untuk mengetahui mengenai obat yang Anda gunakan. Pastikan untuk mendapat jawaban dari pertanyaan ini untuk tiap obat yang Anda dapat dari dokter.

  1. Apa merk dan generik dari obat yang didapat?
  2. Apa bahan aktifnya?
  3. Dapatkan saya menggunakan bentuk generik?
  4. Untuk apa obat tersebut? Dan apa manfaatnya kepada saya?
  5. Kapan saya akan merasakan lebih baik?
  6. Kapan saya harus kontrol kembali?
  7. Apakah obat ini akan menggantikan obat-obatan lain yang sudah saya gunakan selama ini?
  8. Apakah saya harus menghindari makanan, minuman, bahan-bahan kimia atau aktivitas tertentu selama menggunakan obat ini?
  9. Apakah obat ini dapat digunakan secara aman bersamaan dengan obat atau pengobatan yang sudah saya dapatkan sebelumnya? Apakah ini termasuk obat resep, obat bebas, vitamin, herbal atau suplemen atau bentuk pengobatan lain?
  10. Apakah saya harus menghindari menggunakan obat-obatan lain (resep atau bebas), suplemen dimakan (herbal atau vitamin) atau pengobatan lainnya selama menggunakan obat ini?
  11. Apa efek samping yang mungkin timbul dan apa yang harus saya lakukan bila efek samping tersebut muncul?
  12. Apakah ada kemungkinan saya menjadi ketergantungan atau toleransi terhadap obat ini? Bagaimana menghindarinya?
  13. Bagaimana dan kapan saya menggunakan obat ini? Berapa banyak dan berapa lama? Apakah ada petunjuk khusus dalam penggunaan obat ini?
  14. Apakah saya perlu melakukan tes penunjang (tes darah, rontgen, atau tes lainnya) untuk memastikan obat ini bekerja? Bagaimana saya mendapatkan hasilnya kalau obat ini bekerja?
  15. Bagaimana jika saya lupa satu dosis? Apa yang harus saya lakukan?
  16. Bagaimana dan dimana saya menyimpan obat ini? Pastikan Anda selalu menyimpan obat jauh dari jangkauan anak-anak
  17. Bagaimana dan dimana saya dapat memperoleh informasi menganai obat ini?

Ingat: untuk mengurangi risiko penggunaan obat dan untuk mendapat manfaat sebesar-besarnya maka Anda harus menjadi bagian aktif dalam tim kesehatan Anda.

Sumber :

Be An Active Member of Your Health Care Team U.S. Department of Health and Human Services Food and Drug Administration in Cooperation with the council on Family Health http://www.fda.gov/buyonlineguide/active12panelEng.htm

0 comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More