Download

May 28, 2009

Tips Berbicara Dengan Apoteker Anda

Untuk Belajar Cara menggunakan Obat Dengan Aman

Apoter Anda dapat membantu Anda dalam mempelajari penggunaan obat-obat Anda secara aman baik resep dokter ataupun obat bebas untuk meningkatkan manfaat yang Anda dapatkan dan mengurangi risiko yang dapat timbul. Anda dapat mempergunakan tips ini juga saat berbicara dengan tenaga kesehatan lainnya.

Katakan kepada apoteker :

  • Semua yang Anda gunakan. Catat dan berikan kepada apoteker. Pastikan catatan itu memuat semua obat resep dokter dan obat bebas, termasuk vitamin, mineral, herbal dan suplemen lain yang Anda gunakan. Apoteker akan menggunakan catatan tersebut untuk memperbaiki catatannya tentang Anda dan membantu Anda menggunakan obat dengan aman
  • Jika Anda mempunyai alergi atau masalah dengan obat-obatan, obat dengan suplemen makanan, obat dengan makanan, atau obat dengan pengobatan yang Anda terima lainnya
  • Semua keadaan yang Anda alami yang dapat mempengaruhi penggunaan obat-obatan Anda, seperti sulit menelan, membaca label, mengingat cara penggunaan obat atau biaya membeli obat
  • Sebelum Anda memulai penggunaan obat yang baru, apoteker Anda akan membantu Anda menghindari obat, suplemen, makanan dan hal-hal lainnya yang tidak bekerja baik dengan obat-obat Anda sebelumnya
  • Jika Anda hamil, ingin dan kemungkinan hamil atau jika sedang menyusui

Tanyakan kepada apoteker :

  • Apa merk dagang dan generiknya?
  • Apa bahan aktif di dalamnya? Bisakah saya gunakan generik?
  • Untuk tujuan apa dan bagaimana cara obat ini menolong saya?
  • Bagaimana dan kapan saya menggunakan obat ini? Berapa banyak saya gunakan?
  • Berapa lama saya menggunakan obat ini? Bisakah saya menghentikan pemakaian obat setelah saya merasa lebih baik?
  • Apa yang harus saya lakukan jika saya lupa satu dosis atau terlalu banyak menggunakannya?
  • Apakah obat ini akan menggantikan obat lain yang sudah saya konsumsi sebelumnya?
  • Kapan obat ini akan mulai bekerja? Apa yang akan saya rasakan?
  • Apakah ada petunjuk khusus dalam penggunaan obat ini?
  • Haruskah saya menghindari pemakaian obat, suplemen makanan, minuman, makanan, aktivitas atau hal lain dalam penggunaan obat ini?
  • Apa yang harus saya perhatikan dalam pemakaian obat ini, seperti reaksi alergi atau efek samping? Apa yang harus saya lakukan bila mendapat hal-hal tersebut?
  • Apakah saya harus melakukan tes tertentu untuk mengetahui efek obat yang saya gunakan sudah bekerja (tes darah, rontgen, atau lainnya)? Kapan saya memerlukan tes tersebut?
  • Bagaimana cara dan dimana saya sebaiknya menyimpan obat ini?
  • Apakah ada panduan pengobatan atau lembar informasi tentang obat ini untuk konsumen seperti saya?
  • Dimana dan bagaimana saya dapat memperoleh informasi lebih lanjut tentang obat ini?

Setelah Anda mendapat obat dan sebelum meninggalkan apotek :

  • Lihat kembali dan pastikan Anda mendapat obat yang benar. Jika Anda sudah membeli obat ini sebelumnya maka pastikan obat ini memiliki bentuk, warna, ukuran, penanda dan kemasan yang sama. Bila ada yang berbeda segera tanyakan apoteker Anda. Jika terlihat atau terasa berbeda saat menggunakan segera beritahukan kepada dokter, apoteker atau tenaga kesehatan lainnya
  • Pastikan Anda sudah mengetahui dosis yang tepat dan cara penggunaan yang tepat
  • Pastikan ada sendok takar, pipet, atau penakar untuk obat cair
  • Pastikan Anda memiliki informasi dari apoteker tentang obat yang Anda gunakan
  • Mintalah telepon apotek sehingga Anda dapat menghubungi kembali

Sumber :

Stop-Learn-Go- Tips for Talking With Your Pharmacist to learn how to use medicines safely
http://www.fda.gov/buyonlineguide/stop_learn_go_pharmacist.htm


0 comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More